Hal – Hal Yang Diperhatikan Dalam Perencanaan Bangunan

Jika ingin mendapatkan desain bangunan terbaik ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, semua harus seimbang. Ada beberapa contoh desain yang tidak seimbang misalnya jika bangunan roboh karena struktur tidak kuat tapi bangunnya terlihat indah maka apalah artinya sebuah keindahan jika bangunan akan segera roboh. Ada bangunanya kuat dan indah tetapi memerlukan biaya besar yang seharusnya bisa untuk dihemat, karena pada saat mendesai tidak memperhatikan faktor ekonomis, Ada bangunan yang kuat, indah, dan ekonomis tapi tidak sehat karena lubang angin/ventilasi udara tidak bagus sehingga kenyamanan penghuninya terganggu dan kurang mendukung kesehatan. 


Berikut ini ada beberapa hal yang sebaiknya diseimbangkan.

Kekuatan

Pondasi yang kuat dapat menahan beban diatasnya, sloof, kolom dan balok yang ditahan terhadap berat sendiri bangunan, beban bergerak, beban angin, gempa dan yang lainya.

Stabilitas 

Agar tidak miring atau bahkan roboh, bangunan bisa tetap berada pada posisi yang direncanakan.

Estetika / Keindahan 

Dengan membuat bentuk tertentuk, memadukan warna, pemilihan material serta hal-hal lain yang dapat menambah keindahan bangunan.

Ekonomis 

Desainya juga perlu disesuaikan dengan budget yang tersedia, Oleh karena itu faktor biaya juga sangat penting, banyak orang menginginkan bangunan terbaik dan termegah namun biaya yang tersedia terbatas.

Ramah Lingkungan

Mengotimalkan pencahayaan alami untuk menghemat penggunaan energi listrik. misalnya tetap menjaga keberadaan pepohonan yang sudah ada sebelum mendirikan bangunan,

Kesehatan 

Setiap ruangan diusahakan ada jendela sebagai lubang angin / ventilasi udara bersih. Jarak septictank minimal 10 meter dari sumur apabila menggunakan sumber air tanah.

Kenyamanan 

Posisi pintu kamar tidur tidak langsung menghadap menghadap ruang tamu, ada banyak hal yang terkait kenyamanan seperti lebar dan tinggi anak tangga yang pas, dan yang lainya.

Itulah beberapa hal yang perlu diseimbangkan dalam mendesain bangunan, Terima Kasih.

0 Response to "Hal – Hal Yang Diperhatikan Dalam Perencanaan Bangunan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel