Definisi Arsitektur & Fungsi


Definisi Arsitektur

Kegiatan yang dilakukan oleh seorang atau sekelompok individu untuk membuat rancangan dengan berdasarkan kreatifitas dan gagasannya sendiri disebut dengan Definisi Arsitektur secara umum. termasuk proses perancangan, struktur, konstruksi,  dan juga mencakup aspek dekorasi dan keindahannya.

Seni atau praktik perancangan dan pembangunan struktur dan konstruksi bangunan adalah Pengertian Arsitektur. Arsitektur dapat mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan level makro, misalnya perencanaan kota, tidak hanya satu bangunan dan pelengkapnya saja apabila Dalam arti yang lebih luas, .

Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli

1. Van Romondt

“Sebuah lingkup ruang lokasi hidup yang dihuni oleh manusia dengan rasa bahagia disebut arsitektur. Semua ruang, baik yang diciptakan manusia maupun ruang yang terjadi atau terbentuk dengan sendirinya melalui proses alami dimaksud dengan Ruang  . Contohnya adalah gua dan lain-lain.”

2. Marcus Pollio De Vitrovius

“Arsitektur merupakan sebuah kekuatan (virmitas), keindahan (venustas), dan fungsi (utilitas). Di samping itu, arsitektur juga adalah ilmu yang lahir dari ilmu lainnya dan terbentuk melalui proses belajar. Salah satu cabang ilmu yang wajib dipelajari dalam proses pemahaman arsitektur adalah ilmu filsafat, terutaa rasionalisme dan kawan-kawannya. Sedangkan seluruh karya dihasilkan oleh arsitekrur merupakan sebuah karya seni.”

3. Francis DK Ching (1979)

Arsitektur membentuk suatu tautan yang mempersatukan ruang, bentuk, teknik dan fungsi. Amos Rappoport (1981). Arsitektur adalah ruang tempat hidup manusia, yang lebih dari sekedar fisik, tapi juga menyangkut pranata-pranata budaya dasar. Pranata ini meliputi: tata atur kehidupan sosial dan budaya masyarkat, yang diwadahi dan sekaligus memperngaruhi arsitektur.

4. Djauhari  Sumintardja

Arsitektur merupakan  sesuatu yang dibangun manusia untuk kepentingan badannya (melindungi diri dari gangguan) dan kepentingan jiwanya (kenyamanan, ketenangan, dll.

5. J.B. Mangunwijaya (1992)

Arsitektur sebagai vastuvidya (wastuwidya) yang berarti ilmu bangunan. Dalam pengertian wastu terhitung pula tata bumi, tata gedung, tata lalu lintas (dhara, harsya, yana). Seni ini adalah  ilmu dalam merancang bangunan. Arsitektur juga dapat merujuk kepada hasil proses perancangan tersebut.

6. Cornelis  Van  de  Ven

Mengatakan bahwa memberikan  pandangan  mengenai  arsitektur  yang berarti menciptakan ruang dengan cara yang benar-benar direncanakan dan dipikirkan.   Pembaharuan   arsitektur   yang   berlangsung   terus   menerus sebenarnya berakar dari pembaharuan konsep-konsep ruang.

7. Benjamin  Handler

Arsitek adalah seniman struktur yang menggunakan  struktur  secara  estetis  berdasarkan prinsip-prinsip struktur itu sendiri.

8. Brinckmann

Arsitektur  merupakan  kesatuan  antara ruang dan bentuk, juga penciptaan ruang dan bentuk.


Fungsi Arsitektur

Arsitektur memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut:

1. Fungsi Artistik

Fungsi ini menganggap arsitektur sebagai salah satu bentuk dari seni. Karenanya, arsitektur fungsional diartikan sebagai sebuah bentukan bernilai artistik (keindahan).

2. Fungsi Perwadahan

Fungsi perawadahan melihat arsitektur dari segi fisik. Yaitu suatu ruang yang bisa mewadahi aktivitas tertentu, sehingga yang ada di dalamnya bisa merasakan keamanan dan kenyamanan.

3. Fungsi Modifikasi

Fungsi modifikasi adalah penegasan arsitektur sebagai sebuah bangunan. Yang berfungsi untuk mengantisipasi, kontrol dan juga adaptasi dengan lingkup fisiknya. Hal ini merujuk pada iklim di tempat tersebut.

4. Fungsi Filter Lingkungan

Disini, arsitektur berfungsi sebagai suatu alat filterisasi untuk lingkungan . Baik dari segi fisik , maupun sosial.

5. Fungsi Pembentuk Perilaku

Dalam konteks ini, arsitektur memiliki fungsi atau kemampuan untuk melakukan modifikasi, membentuk dan bahkan memanupulasi suatu tindakan yang dilakukan oleh seorang, yang melakukan interaksi aktif dengan bentuk dari arsitektur.

6. Fungsi Investasi Modal

Yang terakhir adalah, bahwa arsitektur juga memiliki tujuan guna mendatangkan keuntungan. Sedangkan investasi yang disebutkan di atas adalah sebuah usaha memanfaatkan sumber daya yang ada. Baik uang, tenaga dan modal guna menghasilkan nilai tambah tertentu. Contohnya adalah keuntungan profit dan benefit.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel