Kode Warna Tulangan Beton SNI Terbaru

Batang baja yang digunakan sebagai tulangan beton diberi tanda di kedua ujung besi. Penandaan berupa warna yang mewakili setiap jenis / jenis tulangan. Tanda tersebut harus memenuhi standar ujung penampang, dan warnanya tidak akan mudah hilang dengan kadar baja.

Dengan adanya tanda ini niscaya akan semakin memudahkan kita untuk mengecek kemunculan pertama, baik itu pengelompokan dalam persediaan / gudang maupun setelah diterima.

Pemeriksaan tanda warna besi ini untuk memudahkan identifikasi berbagai tingkatan beton bertulang. Untuk menentukan jenis beton bertulang harus dilakukan uji tarik pada beton bertulang.

Pada SNI sebelum SNI 2052-2017, seperti SNI 2052-2002, tanda tulangan pada bagian pinggir diberi warna sebagai berikut:


Kode Warna Penandaan Besi Baja Tulangan Beton SNI 07-2052-2002

Dapat dilihat dari tabel di atas bahwa besi BjTD 40 / atau BjTS 40 berwarna kuning pada tanda di ujung penampang. Aplikasi tersebut ditandai sebagai berikut :


Aplikasi penandaan kode warna besi tulangan

Namun setelah SNI 2052-2017 dikeluarkan, shading code mengalami perubahan. Dalam SNI 2052-2017, warna marka besi bertulang adalah sebagai berikut.


Kode Warna Penandaan Besi Baja Tulangan Beton SNI 2052-2017

Dari tabel kode pewarnaan di atas, Anda dapat melihat perbedaan antara kategori warna dengan yang sebelumnya. Jika pada pewarnaan pada SNI 2052-2017 kode merahnya adalah grade baja 420B, namun sebelumnya warna merah menandakan grade baja adalah BjTS 35.

Mulai Juni 2019, tanda wajib SNI 2052-2017 telah diberlakukan. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan apakah masih ada toko pemasok konstruksi yang menyimpan inventaris lama dan menggunakan kode warna standar lama.

Ketahuilah bahwa penting untuk mengubah kode warna besi sehingga Anda tidak perlu memilih dan menentukan grade baja.

Misalnya, pada spesifikasi gambar batang baja, kualitas batangnya adalah BjTS-420B / fy = 420 Mpa. Jika Anda mengacu pada tabel warna terbaru, warnanya akan merah.

Namun, jika Anda masih menyimpan besi tua stok tempat Anda membeli besi beton, lalu dari mana kita mendapatkan besi beton merah. Kemudian kualitas besi beton yang digunakan adalah BjTS 35 yang berarti kualitas besi beton adalah 345 Mpa.

Secara spesifikasi, dibutuhkan fy = 420 Mpa, sedangkan penggunaan fy 345 Mpa tentunya merupakan kesalahan besar.

Contoh penerapan beton bertulang bertanda SNI 2052-2017 adalah sebagai berikut:



Aplikasi penandaan kode warna besi tulangan SNI 2052-2017

Oleh karena itu kode warna yang digunakan untuk tulangan beton ber-SNI terbaru, anda dapat membaca artikel lain yang berhubungan dengan tulangan beton dibawah ini.

1. Spesifikasi Teknis Standar untuk Beton Bertulang > Baja tulangan standar untuk beton sebagai bagian dari beton bertulang.

2. Pelajari tentang wiremesh dan spesifikasinya

3. Penguatan beton prategang dan prategang standar Memahami kawat baja PC, baja PC, dan untaian PC dalam industri beton pratekan

4. Berat jenis besi tulangan beton dan cara perhitungannya

0 Response to "Kode Warna Tulangan Beton SNI Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel