Perbedaan Bendung dan Bendungan

Banyak anggapan yang beredar di masyarakat sekitar yang mengira bendung (weir) dan bendungan (dam) adalah sama. Oleh karena itu, Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan perbedaan antara bendung (weir) dan bendugan (dam).

1. Bendung (Weir)

Bendung merupakan bangunan yang befungsi sebagai pembatas yang dibangun melintasi sungai untuk mengubah karakteristik aliran sungai. Bendung dilengkapi pula dengan pintu yang dapat dibuka atau dii tutup secara manual untuk menahan laju air dan sebagai mengukur debit air, melambatkan arus atau aliran sungai. 



Bendung berfungsi untuk menghalangi aliran air supaya permukaannya naik hingga ketinggian tertentu sesuai ukuran bendung. Tujuannya yaitu agar air dapat mengalir lebih jauh daerah yang tinggi menuju ke daerah yang rendah. Kekhasan dari bendung ialah tidak adanya pintu air yang melengkapinya, sehingga air sengaja dibuat meluap dan mengalir melalui bagian atas (bibir bendung). Di samping digunakan untuk keperluan irigasi pertanian, bendung juga memiliki peran untuk mengetahui debit air suatu waktu serta menghambat laju kecepatan aliran air.

2. Bendungan (Dam).

Bendungan adalah konstruksi bangunan yang mempunyai kegunaan untuk menghalangi aliran air sehingga membentuk penampungan air berukuran sangat luas yang disebut waduk. Jadi bendungan mencakup semua bagian dari bangunan pembendung air. Berbeda dengan bendung yan memiliki ukuran relatif kecil, ukuran dari bendungan ini jauh lebih besar. Bendungan juga dilengkapi dengan pintu air berukuran raksasa yang berfungsi untuk mengendalikan air yang keluar dari waduk.



Kesimpulan sederhananya, jadi perbedaan antara bendung (weir) dan Bendungan (dam) diantaranya terletak pada fungsi dari pembuatan konstruksi itu sendiri. Bendung dibangun untuk menaikan muka air di sungai tetapi air tetap melewati ketinggian bendung itu sendiri, sedangkan Bendungan dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk atau danau. Dalam hal ini konstruksi (dam) lebih besar daripada bendung (weir).

0 Response to "Perbedaan Bendung dan Bendungan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel