8 Warna Helm Proyek Dan Maknanya

Aturan tentang warna helm proyek dikembangkan oleh Worker’s Accident Insurance Institute Kerajaan Bohemia pada tahun 1912 yang menjadi salah satu benda keselamatan kerja.

Pada kenyataannya banyak yang belum diterapkan oleh semua pemborong terutama mereka yang bandel atau kontraktor, Sesuai dengan UU ketenaga kerjaan di Indonesia karena ini berhubungan dengan keselamatan hidup seseorang, memakai helm di lokasi proyek itu sebenarnya adalah wajib hukumnya seperti halnya kewajiban memakai helm pada saat mengendarai kendaraan bermotor.

Ada aturan mengenai kode warna helm proyek namun aturan ini tidak berlaku secara umum di semua negara atau pun perusahaan. Ternyata warna helm ini mempunyai makna yang mencerminkan posisi atau pun jabatan orang tersebut dalam proyek tersebut. Jadi tidak bisa suka-suka pilih warna helm proyek saat berada di lokasi proyek sesuai keinginan pemakai.

Ada beberapa makna dari warna Helm Proyek antara lain :

Helm Merah


Dengan tingginya angka kecelakaan kerja diproyek akibat kurangnya kesadaran tentang keselamatan kesehatan kerja. Hendaknya kita harus selalu menanamkan berbudaya disiplin kesehatan keselamatan kerja (K3) saat kita sedang melakukan pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari.

Peran Helm proyek yang bisa dibilang paling sedikit namun perannya sungguh besar untuk pekerjaan proyek. Helm ini dipakai oleh petugas Safety, Tujuan adalah untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja seluruh orang yang ada di proyek tersebut.

Warna Putih


Helm berwarna putih biasa dipakai yang memiliki jabatan manager proyek, pengawas, manajer, insinyur, mandor, dan orang yang bertanggung jawab dalam proyek tersebut.

Warna Biru


Helm warna ini biasa dipakai oleh para konsultan teknik proyek tersebut atau site supersivor, elektrikal contraktor, pengawas orang yang mengerti desain, perhitungan struktur, dan hal-hal yang berhubungan dengan keteknisan lainnya. namun di kenyataan lapangan helm ini lebih sering digunakan oleh operator alat-alat berat seperti forklift, bulldozer, crane.

Warna Hijau


Helm warna ini biasa dipakai oleh biasanya digunakan untuk petugas cleaning dan lingkungan atau orang yang sedang membersihkan sampah-sampah di area proyek, untuk itu mereka menggunakan helm berwana hijau. Alasan menggunakan helm warna ini mungkin sesuai semboyan mereka yaitu “Go Green”

Warna Orange


Helm warna ini biasa dipakai oleh para Tamu perusahaan atau oarang dari luar yang datang untuk melihat atau meninjau lokasi proyek maka mereka diberi helm keselamatan yang berwarna oranye

Helm Kuning


Helm ini paling banyak dipakai jika kalian berada di lokasi proyek karena dipakai oleh pekerja biasa atau pun buruh. Dengan diharapkan resiko kecelakaan dapat diminimalisir. Menggunakan warna yang mencolok agar lebih mudah terlihat apabila ada kendaraan yang lalu lalang lewat proyek.

Helm Coklat


Pekerja dengan helm warna coklat dipakai oleh tukang las atau pekerja yang biasa mengaplikasikan alat dengan panas tinggi.

Berwarna Pink


Helm warna ini biasa dipakai oleh para pekerja magang atau praktek lapangan. Jika kamu anak magang yang punya warna favorit pink maka berbahagialah karena kamu bisa bergaya dengan helm proyekmu selama magang.

2 Responses to "8 Warna Helm Proyek Dan Maknanya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel