4 Faktor Bangunan Harus Dibongkar

Bangunan dibongkar sesuai dengan tujuan tertentu. Ada beberapa tujuan dan alasan mengapa bangunan harus dibongkar. Untuk bangunan gedung yang bertingkat diperlukan beberapa peninjauan yang sangat matang supaya tidak menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan sekitar. selain itu, juga harus metode – metode yang seusuai dengan jenis struktur bangunan maupun lingkungan sekitar.


Pembongkaran bangunan harus dilakukan oleh tim yang mempunyai pengalaman dibidang demolishing, profesional dan berpengalaman akan memperkecil resiko kegagalan. Sehingga tetap aman untuk lingkungan sekitar.

Berikut ini beberapa faktor bangunan harus dibongkar yaitu sebagai berikut :

1. Bangunan Sudah Tua

Kasus ini banyak terjadi pada bangunan jembatan dan bekas pabrik. Pembongkaran pada bangunan yang sudah tua sering dilakukan karena memang sudah tidak digunakan dan beresiko membahayakan sekitar. Bangunan tua lebih rentan terhadap goncangan gempa. Mungkin dulu saat pembangunan, koefisien gempa belum diperhitungkan. Namun untuk memulai pembongkaran bangunan tua perlu dilakukan assesment bangunan terlebih dahulu.

2. Kegagalan Dalam Desain Struktur

Alasan yang kedua mengapa bangunan harus segera dibongkar adalah kegagalan pada struktur seperti banguan baru yang sudah miring. Karena disebabkan oleh perhitungan struktur yang kurang tepat yaitu pada perhitungan struktur pondasi dan struktur lainnya. Pondasi terjadi penurunan yang tidak seragam menyebabkan bangunan miring. sehingga sangat membahayakan bagi struktur- struktur di atas pondasi. Ada batasan – batasan toleransi yang diijinkan, tidak layak huni karena asudah terlihat melebihi dari batasan toleransi makanya bangunan harus segera dibongkar.

Sebelum melakukan pembongkaran, sebaiknya melihat dulu biaya untuk perbaikan dan biaya untuk pembongkaran. Jika perbaikan lebih mahal maka bangunan harus di bongkar, dan sebaliknya jika pembongkaran mahal maka dilakukan upaya perbaikan.

3. Perubahan Fungsi Bangunan

Perubahan fungsi bangunan banyak terjadi di kota- kota besar. Yang awalnya sebuah gudang pabrik dijadikan gedung perkantoran atau sebaliknya. Terkadang pemilik bangunan akan membongkar bukan karena sudah membahayakan penghuni, tetapi bangunan tersebut akan difungsikan dengan fungsi yang berbeda sebelumnya.

4. Izin Bangunan Yang Tidak Sesuai Dengan Fungsinya

IMB bisa merupakan faktor bangunan harus dibongkar. IMB dengan fungsi bangunan pada kenyataannya tidak sesuai dan kegiatan yang dilakukan di dalam bangunan mempunyai dampak terhadap lingkungan. Biasanya petugas perijinan akan memberikan kesempatan untuk mengubah perijinan bangunan agar sesuai dengan fungsi aslinya. Namun jika tidak segera dilakukan, akan dilakukan tindakan pembongkaran.

Itulah alasan 4 faktor bangunan harus dibongkar. Dalam proses pembongkaran pun juga harus memperhatikan aturan- aturan yang berlaku agar tidak menimbulkan dampak negatif.

0 Response to "4 Faktor Bangunan Harus Dibongkar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel