Cara Mencegah Kecelakaan Di Proyek

Mencegah kecelakaan di proyek, Banyak risiko kecelakaan yang tinggi terjadi pada kegiatan pelaksanaan proyek, maka tidak heran banyak berita yang memberitakan sebuah kecelakaan berat sampai kecelakaan ringan pada proyek tersebut. Apa artikel ini akan membahas sejumlah upaya yang mungkin dapat dilakukan sebagai cara mencegah kecelakaan di proyek. Pada satu sisi pelaksanaan pembangunan diharapkan segi kecelakaan ditekan seminimal mungkin dan dari segi pembangunan bisa rampung secepat mungkin.


Berikut ini adalah ada beberapa hal yang dapat mencegah kecelakaan di proyek yaitu :

1. Menugaskan kepada petugas K3 yang bertanggung jawab atas kecelakaan, kesehatan serta kebersihan lingkungan kerja (K3)

2. Menggunakan alat keselamatan kerja sebagai perlindungan diri semisal sabuk pengaman, Helm proyek atau Safety Helmet (Helm Safety) serta penutup kuping sebagai pelindung diri terhadap suara bising mesin. 

3. Memasang rambu-rambu peringatan semisal awas listrik, bas benda jatuh, awas lubang atau Void, serta rambu proyek yang lainnya yang di perlukan dalam proyek tersebut.

4. Mewajibkan serta menugaskan petugas K3 untuk mengontrol pekerja apakah sudah mengenakan alat pengaman diri (APD).

5. Selain menimbulkan suasana kerja yang menyenangkan juga akan terhindar dari risiko terkena benda berserakan yang bisa membahayakan kaki dengan membersihkan area kerja sesering mungkin.

6. Pemasangan Ralling pun dipasang di area tepi struktur gedung supaya pekerja aman dari bahaya jatuh dari ketinggian dan Menutup lubang Void.

7. Pada pekerjaan bidang pengecoran beton harus memmastikan pemeriksaan terlebih dahulu apakah bekisting telah terpasang kuat atau belum serta sambungan besi ruangan sudah terpasang dengan benar atau belum.

8. Memasang Alat Pemadam Api Ringan (APAR) pada area proyek yang dianggap menimbulkan terjadinya kebakaran.

9. Menaruh semua perlengkapan serta peralatan proyek dengan rapi serta aman dan tidak berserakan.

10. Banyak sekali hal lain yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Dibutuhkan bermacam kreativitas serta inovasi guna membayangkan pada setiap bahaya yang bisa terjadi sehingga bisa diantisipasi.

11. Memberi aarahan sesering mungkin dengan mengumpulkan seluruh pekerja pada saat sebelum memulai proyek, sehingga bisa mengarahkan serta mengingatkan akan bahaya kecelakaan proyek serta himbauan agar berhati-hati dalam bekerja.

12. Bagi perokok disediakan tempat khusus untuk merokok supaya pekerja tidak merokok di sembarang tempat yang bisa mengakibatkan kebakaran.







0 Response to "Cara Mencegah Kecelakaan Di Proyek"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel