Cara Menata Taman Depan Rumah

Punya lahan kosong di depan rumah? Lebih baik dimanfaatkan untuk dijadikan taman. Lahan sempit bukanlah hambatan untuk membuat taman, karena ada banyak cara membuat taman kecil di depan rumah yang patut dicoba. Ingin menata taman depan rumah yang efektif dan efisien? Ayo, simak dulu cara berikut ini!

1. Pilih Letak Tanaman

Penentuan titik lokasi di halaman rumah dapat menentukan kesuksesan kamu dalam merawat tanaman. Sebab, hampir semua jenis tanaman memerlukan ekspos langsung dari sinar matahari agar tumbuh secara maksimal. Anda bisa memilih bagian sudut rumah atau depan pintu masuk. Pastikan letak tanaman ini tidak akan mengganggu jalan dan aktivitas sehari-hari Anda.

Jika tidak ada titik ideal untuk difungsikan sebagai taman, kamu bisa memilih area tertentu yang terkena sengatan matahari dan berdekatan dengan sumber air. Ketika menerapkan cara membuat taman kecil di depan rumah, pastikan juga bahwa area tersebut bisa diakses secara mudah untuk efisiensi perawatan taman.

2. Pilih Apa yang Mau Ditanam

Saat mau menanam, perhatikan lahan yang tersedia. Dengan begitu, Anda bisa memilih jenis tanaman apa yang mau ditanam. Pada proses ini, kamu dapat memilih tanaman yang cocok dengan iklim dan kondisi cuaca di lingkungan serta sesuaikan ukuran dan dimensi tanaman.Apabila lahannya hanya sedikit, jangan memilih tanaman yang bisa merambat luas. Pilihlah tanaman-tanaman cantik seperti bunga mawar, bunga anggrek, atau Anda juga bisa menanam bumbu dapur seperti pohon cabai, daun jeruk, daun salam, daun pandan, dan lain-lain.

Perlu diketahui, beberapa bibit bisa langsung kamu tanam ke dalam tanah, namun ada pula bibit yang hanya dapat ditumbuhkan secara terpisah seperti menggunakan pot. Maka dari itu, pastikan kamu mempelajari karakter dari tanaman yang akan kamu rawat agar cara membuat taman kecil di depan rumah ini bisa dilakukan secara optimal.

3. Atur Sesuai Jenis

Jika Anda memutuskan untuk menanam berbagai jenis tanaman, mulai dari bunga sampai tanaman sayur, maka atur sesuai jenis-jenisnya agar bisa terlihat rapi. Jangan gabungkan tanaman sayuran dengan bunga-bungaan karena nantinya tanaman akan terlihat berantakan.

4. Pilih Desain Taman

Ada beberapa desain taman depan rumah yang bisa Anda jadikan inspirasi, misalnya saja mulai dari model vertikal, pot gantung, taman dengan lampu-lampu, gaya container garden, stone garden, dan masih banyak lagi.

5. Rawat Setiap Hari

Karena taman ini berada di depan rumah, salah satu cara menatanya adalah dengan rajin membersihkan dan merawatnya tiap hari. Selalu rutin bersihkan daun-daun rontok dan bentuk tanaman agar tidak melebar ke mana-mana. Dengan begini, taman depan rumah akan terlihat selalu asri dan cantik.

Melalui cara membuat taman kecil di depan rumah, kamu pun bisa menyulap area depan rumah yang luasnya terbatas menjadi sebuah taman cantik yang dapat memberikan kesan asri dan sejuk. Yuk, coba cara membuat taman kecil di depan rumah ini sekarang juga!


0 Response to "Cara Menata Taman Depan Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel