Menata Design Ruang Sempit Terlihat Luas

Apakah kamu pernah merasa sesak dan tidak nyaman karena luas ruang kamar yang terbatas ? Sempitnya ruang kamar sering kali membuat kondisi kamar menjadi tidak kondusif, kamu pun jadi merasa sumpek dan tidak betah di dalam kamar. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa merasakan kamar yang terlihat luas. Dengan design kamar yang tepat, kamu bisa menciptakan kamar sempit jadi terasa lebih lapang, lho!

Untuk menjawab permasalahan mengenai ruang kecil, trik memaksimalkan ruang dan lahan pada rumah kecil agar dapat terlihat lebih luas. Apa saja sih trik tersebut? Kamu penasaran? Makanya, simak dulu artikel ini!

1. Warna Cerah Untuk Dinding

Ini adalah cara klasik dalam dunia arsitektur. Cat warna cerah untuk interior yang kecil dipercaya akan memberikan kesan lapang dan terang. Selain juga memberikan nuansa yang ceria dan segar bagi pemilik rumah.

Dengan warna cerah, rumah kecil akan terasa lapang, segar, dan terang. Mengaplikasikan cat berwarna gelap pada ruangan akan membuat rumah kecil terlihat lebih nyaman, tetapi membuat rumah kecil semakin kecil. Bukannya memantulkan cahaya, warna cat gelap malah menyerap sumber pencahayaan yang masuk, alhasil rumah terlihat suram.

2. Jangan Letakkan Furnitur Mepet Dinding
Telah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang dalam menata furnitur, menggeser furnitur ke dinding rumah telah dipercaya sebagai metode untuk memberikan ruang lapang bagi rumah kecil. Persepsi ini tidaklah sepenuhnya benar.

Jika kamu memiliki sofa di ruang tamu yang kecil, geser sedikit sofa dari dinding, berikan celah untuk bernafas, hingga ketika ada cahaya yang masuk, akan timbul bayangan dari sofa. Bayangan tersebut menciptakan ilusi persepsi ruangan lebih besar dalam rumah kecil.

3. Furnitur Multifungsi Sebagai Solusi

Jika terpaksa menggunakan rak atau lemari kecil serta meja, pilih saja yang multifungsi.
Misalnya saja meja dengan laci yang pastinya dapat digunakan sebagai meja dan laci secara bersamaan. Tentunya akan menghemat ruang ketimbang menjejalkan banyak furnitur di interior yang sempit.

Dengan memanfaatkan furniture multifungsi, kamu telah menghemat ruang pada rumah kecil yang kamu huni. Jika kamar tidur sempit dan kamu membutuhkan ekstra ruang untuk menyimpan peralatan, beli kasur yang memiliki laci di bawah tempat tidur yang dapat difungsikan sebagai lemari penyimpanan.

Saat ini, furnitur multifungsi tersedia banyak di pasaran dengan harga bervariasi.

4. Manfaatkan Cermin di Dinding


Jika kamu berkunjung ke rumah makan atau toko perbelanjaan dengan ruangan sempit, perhatikan sekeliling dinding ruangan tersebut. Pemilik toko memasangkan cermin pada sekeliling ruangan tersebut untuk menciptakan kesan ruangan yang besar. Trik cermin ini juga dapat diaplikasikan pada rumah kecil.

Trik ini juga bisa diaplikasikan pada interior rumah kecil. Tapi tidak perlu menutup semua dinding dengan cermin.

Untuk interior rumah kecil, dindingnya dapat digantungkan dua buah cermin berukuran sedang secara bersebelahan. Bingkainya pun dapat dipilih sesuai selera dan kreasi yang akan lebih mempercantik rumah. Pantulan yang dihasilkan dari cermin tersebut memberikan kesan ruangan yang lebih luas dari aslinya.

5. Memasang Rak di Tempat Tinggi


Tips menata rumah mungil berikutnya adalah dengan memasang rak-rak tinggi. Agar perhatian tidak terfokus secara horizontal, pasang rak-rak di atas pintu, menempel pada langit-langit.

Dengan menaruh barang-barang di tempat yang tinggi, perhatian Anda akan tertuju ke atas dan akan memberikan kesan ruangan yang lebih besar. Hal ini karena adanya benda-benda yang berada di dekat langit-langit akan menekankan perhatian pada tinggi ruang Anda. Jika Anda tidak ingin memasang rak, Anda juga bisa memasang hiasan pada pinggiran langit-langit, ini akan memberikan kesan yang sama.

6. Jendela dan Tirai Besar


Dengan Jendela yang besar pasti cahaya alami dari matahari yang masuk ke interior cukup banyak, sehingga menjadikannya terasa lebih luas, terang, dan terbuka.
Sedangkan untuk menutup jendela tersebut, gunakan tirai yang besar dan tinggi. Hal ini akan membuat langit-langit interior tampak lebih tinggi dan interior yang kecil terasa lebih luas secara vertikal.

Dari tips-tips di atas ini, mana yang bisa Anda gunakan di rumah?
Semoga ini bisa membantu mendekorasi rumah mungil Anda, ya!

0 Response to "Menata Design Ruang Sempit Terlihat Luas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel