Material Yang Memperkuat Jalan

Material memperkuat jalan, dalam masalah kemantapan lereng pada bangunan teknik sipil adalah merupakan suatu hal yang sangat prinsip, karena sifat-sifat dan perilakunya tanah atau batuan sebagai cerminan kekuatan daya dukungnya/kemampuan lereng pada tanah tersebut. 


Bingung harus apa yang kalian lakukan agar jalan kalian kuat?. Nahhh jadi pada diartikel kali ini saya akan membahas bahan material apa yang bisa digunakan untuk perkuatan jalan, simak artikel ini sampai habis yaa…

GEOTEXTILE WOVEN

Merupakan produk yang berbentuk anyaman dengan berbahan dasar polypropylene dan polyester yang paling banyak digunakan untuk perkuatan jalan gambut, perkuatan tanggul, perkuatan lereng, stabilisasi tanah.

Getextile woven merupakan satu dari jenis geosynthetic yang dibuat dari bahan dasar serat sintetis tenunan, terbuat dari polyester (PET) ataupolypropylene (PP) yang ditambahkan dengan bahan yang tahan terhadap sinar ultraviolet dan memiliki daya kuat gtarik yang cukup tinggi.


CARA PEMASANGAN GEOTEXTILE WOVEN

Geotextile dipasang dengan cara dihamparkan pada dasar tanah yang sudah bersih atau tanpa gelombang dan rata tanpa adanya kerutan.

Berikut ini gambar aturan untuk overlapping dan penyambungan geotextile :

Untuk daerah yang pemasanganya berbetuk curva seperti pada tikungan jalan maka pemasangan geotextile haruslah disesuaikan dengan alur atau mengikuti, searah lekuk jalan.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai dalam pemasangan geotextile jangan membuat overlapping atau jahitan pada daerah yang searah dengan beban lalu lintas atau dalam hal ini adalah beban roda kendaraan.

Jika penempatan geotextile pada daerah atau tempat yang terkena sinar matahari langsung maka dianjurkan untuk memasang geotextile dengan warna hitam.

PENGAPLIKASIAN GEOTEXTILE WOVEN

a. Perkuatan dasar timbunan

b. Konstruksi jalur rel kereta api

c. Konstruksi jalan atau longsoran

d. Pada pengembangan lahan untuk hunian atau pun industry dan lain sebagainya

e. Slope Reinforcement

f. Breakwater dan Jetty

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan tentang geotextile woven ,semoga bermanfaat bagi kalian para pencari ilmu, jangan lupa menggunakan geotextile woven di setiap perkuatan jalan. Terima Kasi :)

0 Response to "Material Yang Memperkuat Jalan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel