Hal-Hal Yang Diperhatikan Dalam Memilih Pondasi

Suatu konstruksi yang ada pada dasar struktur/bangunan (sub structure) berfungsi untuk melanjutkan beban secara merata dari bagian atas struktur/bangunan (upper structure) pada lapisan tanah yang berada di bagian bawahnya agar tidak terjadi keruntuhan pada tanah, dan Penurunan (settlement) tanah/pondasi yang berlebihan disebut dengan Pondasi.


Dalam memilih jenis pondasi yang tepat, perlu diperhatikan hal yang ada kaitan dengan pekerjaan pondasi tersebut dikarenakan tidak semua jenis pondasi dapat diterapkan di semua tempat.
Hal-Hal Yang Diperhatikan Dalam Memilih Pondasi yaitu sebagai berikut :

1. Jenis tanah yang akan dipasangi pondasi.

Pengaruh tanah harus diperhatikan pada saat membangun pondasi gedung. Jenis tanah terdiri dari sangat lunak lunak sedang, dan tanah keras. Apakah tanah yang ada di lokasi tersebut termasuk kuat dalam menompang bangunan ataupun tidak.  Seperti dipergunungan ataupun tepi pantai terdapat kondisi tanah yang tak biasa sehingga pondasinya juga lebih rumit dilakukan.

2. waktu pada saaat pekerjaan pondasi

Waktu pembangunan sangat diperhatikan karena semakin lama pembangun maka biaya yang akan dikeluarkan juga akan lebih tinggi.

3. Biaya untuk pekerjaan pondasi.

4. Beban bangunan yang harus dipikul.

5. Fungsi bangunan, dimana bangunan penting akan dibuat dengan keamanan lebih terjamin dari pada yang kurang penting.

6. Faktor Lingkungan

Terakhir, jangan lupa perhatikan lokasi geografis sekitar bangunan yang akan dibangun. Perhatikan apakah kondisi tanah stabil dan lingkungannya tergolong aman untuk didirikan bangunan.
Konsultasi kepada pihak ahli terkait lokasi bangunan agar pembangunan anda bisa lancar dilakukan.

Semoga artikel diatas dapat membantu kita dalam membangun pondasi yang lebih kuat sehingga bangunan dapat kokoh berdiri.

Lingkungan adalah sesuatu yang berada di sekitar kita dan dapat mempengaruhi perkembangan hidup manusia. Jadi, sebelum menentukan jenis pondasi bangunan perlu memperhatikan situasi lingkungan sekitar demi kelancaran pengerjaannya dan tentunya tanpa mengganggu lingkungan sekitar. Situasi lingkungan yang di maksud disini meliputi kondisi bangunan sekitar dan lokasi bangunan proyek.

0 Response to "Hal-Hal Yang Diperhatikan Dalam Memilih Pondasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel