Perbedaan antara Acian dan Plesteran

Ingin dinding mulus? Perhatikan perhatikan acian dan plesterannya, tapi tahukah Anda perbedaan keduanya, dan bagaimana cara membuat Acian dan Plasteran yang baik?

Acian dan Plasteran adalah istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi pada dinding bangunan. Tapi mungkin banyak dari kita yang tidak mengerti apa itu Acian? Apa itu plesteran?

Pekerjaan Plesteran dan acin adalah bagian dari pekerjaan dinding, yang dapat digunakan sebagai cat atau pelindung dinding dari rembesan air atau cuaca, memperhalus permukaan dinding dan menambah kekuatan dinding. Namun terdapat perbedaan diantara keduanya, yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

PLESTERAN



Plesteran merupakan bagian dari proses pengerjaan dinding, baik itu batako, batako, bahkan pasangan bata ringan maupun beton bertulang agar tampak rapi, halus dan rata. Plesteran yang baik adalah memberikan perbandingan bahan, misalnya untuk dinding bata dan dinding bata rasio plesteran waterproof adalah 1 pc: 2 ps, sedangkan rasio plester biasa adalah 1 pc: 4 ps. Pada saat yang sama, dinding bata ringan biasanya diplester dengan mortar instan. Untuk ketebalan plesteran dinding antara 1,5 cm dan 3 cm. Jika batu bata yang dipasang juga rapi maka efek pelapisannya akan sangat baik, yang juga dapat menghemat bahan pelapis

ACIAN




Acian juga merupakan bagian dari proses pengerjaan dinding bangunan, digunakan untuk menutup pori-pori atau menghaluskan plester, yang juga menjelaskan bahwa pekerjaan plesteran dilakukan setelah pekerjaan plesteran selesai.

Tentunya bahan yang digunakan berbeda dengan yang digunakan untuk plesteran, karena plesteran tidak menggunakan pasir, melainkan hanya campuran semen dan air. Ketebalan lapisannya antara 1mm dan 3mm.

Untuk mencegah retak, plesteran dapat diaplikasikan setelah plesteran mengering, dan tidak akan terjadi penyusutan lebih lanjut. Untuk dinding bagian dalam membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 minggu, sedangkan dinding luar dapat diplester dengan plesteran yang telah berumur 2 minggu.

Apakah Anda sekarang tahu perbedaan antara Acian dan Plaster?

Proses yang berbeda, bahan dan kegunaan yang berbeda ?

Bagaimana menguji kekuatan plasteran dan acian ?

Dalam proses pembangunan dinding bata urutannya adalah sebagai berikut:

1. Pasang material utama saat membuat dinding, seperti batako, batako, batako ringan (hebel) atau pembuatan beton.

2. Plesteran

3. Acian

4. Plamir, cat dinding, wallpaper, dan lain-lain


0 Response to "Perbedaan antara Acian dan Plesteran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel